Lubis, Sity Syafriany (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311048 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
408311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
408311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
408311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kategori pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui model pembelajaran Problem Solving. Untuk mengetahui apakah kreativitas belajar siswa pada materi himpunan dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Tebing Tinggi yang berjumlah 40 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran model Problem Solving untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswaInstrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes berpikir kreatif, wawancara, tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: redukasi data, memaparkan data, verifikasi, menarik kesimpulan.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan siswa diberikan tes awal, setiap akhir dari siklus diberikan tes berpikir kreatif. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dimulai dari tes awal sampai tes berpikir kreatif II. Melalui tes awal diperoleh nilai rata-rata siswa untuk kemampuan berpikir kreatif hanya 56,5 dengan tingkat ketuntasan belajar 32,5%. Dari tes berpikir kreatif I diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 7,58 dari tes awal yaitu menjadi 64,08 dengan tingkat ketuntasan belajar 57,5% dan dari data hasil berpikir kreatif II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 5,12 dari tes berpikir kreatif I yaitu menjadi 69,2 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini dikatakan telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran model Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar khususnya dalam menyelesaikan soal-soal Himpunan di kelas VII-9 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.320 71 Lub u |
Keywords: | hasil belajar; kreativitas; pendekatan pembelajaran; materi himpunan; notasi; problem solving; diagram venn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10715 |