Siburian, Paningkat (2010) PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI MELALUI MANAJEMEN YANG BERORIENTASI MUTU. Jurnal Generasi Kampus, 3 (1). pp. 117-128. ISSN ISSN 1978-869X
Cover.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Perguruan tinggi dinyatakan bermutu, apabila lembaga tersebut mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya berupa (1) kebutuhan kemasyarakatan; (2) kebutuhan dunia kerja; dan (3) kebutuhan professional. Untuk itu, diperlukan manajemen pendidikan yang berorientasi mutu, yaitu manajemen mutu total pendidikan tinggi. Manajemen mutu total pendidikan tinggi adalah cara mengelola lembaga berdasarkan filosofi bahwa peningkatan mutu harus diadakan dan dilakukan oleh semua unsur lembaga sejak dini secara terpadu dan berkesinambungan, sehingga pendidikan sebagai jasa yang berupa proses pembudayaan sesuai dengan dan bahkan melebihi kebutuhan para pelanggan. Dengan manajemen mutu total, perguruan tinggi akan dapat menghasilkan lulusan dan hasil penelitian yang bermutu, menjaga mutu serta selalu meningkatkan mutu secara berkesinambungan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Mutu; Perguruan Tinggi; Manajemen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 02 Apr 2016 06:37 |
Last Modified: | 02 Apr 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1071 |