Sitanggang, Kholidah (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411023 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409411023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
409411023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
409411023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
409411023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
409411023 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
409411023 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409411023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah 41 siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 35 Medan dan Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 58,49% dan pada pertemuan II sebesar 64,19%. Karena rata-rata persentase aktivitas siswa belum mencapai 70% maka dilanjutkan dengan siklus II. Dari siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 74,54% dan pada pertemuan II sebesar 79,61% . Berdasarkan kriteria aktivitas belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target peningkatan aktivitas yaitu apabila skor aktivitas siswa minimal 70 %.Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 7 dari 41 orang (17,07%) dengan rata-rata kelas 36,82. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan metode pembelajaran inkuiri, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 29 dari 41 orang (70,73 %) dengan rata-rata kelas 67,83. Hasil analisis data pada akhir siklus II dengan strategi pembelajaran yang sama, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 36 dari 41 orang (87,80%) dan rata-rata kelas 76,51. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 85% dari jumlah siswa mempunyai daya serap ≥ 65% maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Saran yang diajukan yaitu bagi guru matematika yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang dapat menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan membuat Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang bertujuan lebih melatih dan membimbing siswa dalam menemukan suatu rumus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sit u |
Keywords: | matematika; pembelajaran; inkuiri; tabung; kerucut; kubus; balok; aktivitas; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10699 |