Sahfitri, Rahmah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244110107 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
061244110107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
061244110107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
061244110107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
061244110107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
061244110107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244110107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
061244110107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
061244110107 BAB I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
061244110107 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
061244110107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 35 Medan T.A. 2012/2013.Penelitian ini dilakukan terhadap masing-masing 40 orang siswa dari kelas VII-6 dan kelas VII-7 SMP Negeri 35 Medan T.A 2012/2013. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes hasil belajar, wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: reduksi data, memaparkan data, menarik kesimpulan.Penelitian ini dilakukan atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum diberikan tindakan rata-rata hasil tes awal siswa di kelas VII-7 adalah 65,15 dengan ketuntasan secara klasikalnya 45% sedangkan di kelas VII-6 rata-rata 65,45 dengan nilai ketuntassan secara klasikalnya 57,5%.Pada siklus I yang dilakukan di kelas VII-7, setelah diberi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching aktivitas belajar siswa pada siklus I pada lembar aktivitas I diperoleh sebesar 52,96% dan aktivitas belajar siswa pada lembar aktivitas II sebesar 60,3% . Sedangkan untuk rata-rata tes hasil belajar I adalah 73,48 dengan ketuntasan secara klasikalnya 67,50%. Karena target yang ditetapkan sebelumnya belum tercapai maka siklus I dilanjutkan ke siklus II.Pada siklus II yang dilakukan di kelas VII-6, aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar aktivitas I sebesar 68,125% dan dari lembar aktivitas II sebesar 70,05%. Sedangkan untuk rata-rata tes hasil belajar II adalah 82,96 dengan ketuntasan secara klasikalnya adalah 87,50% . Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII-6 melalui pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada kelas VII-7. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 35 Medan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sah p |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar; Quantum Teaching; Segi Empat; Layang-layang; Jajaran Genjang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10696 |