Tanjung, Elidar (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP PENCAWAN MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311013 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
408311013LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
408311013 abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
408311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
408311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408311013 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
408311013 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanpemecahan masalah matematika siswa melalui model Pembelajaran BerdasarkanMasalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Pencawan Medan T.A2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekdalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII1 SMP Pencawan Medan dan objekpenelitian ini adalah model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmatika sosial.Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembarobservasi. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran berdasarkan masalahdan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika modelpembelajaran berdasarkan masalah diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes diagnostik sampai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 4 dari 30 siswa atau 13,33% dengan rata-rata kelas 44,5. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran berdasarkan masalah menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah15 dari 30 siswa atau 50% dengan rata-rata kelas 68,25. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 26 dari 30 siswa atau 86,67% dengan rata-rata kelas 84,75. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran pembelajaran masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya materi pokok aritmatika sosial kelas VII SMP Pencawan Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan modelpembelajaran berdasarkan masalah sebagai alternatif dalam pembelajaran yangbertujuan untuk lebih melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Tan p |
Keywords: | Belajar; Bunga Tabungan; Aritmatika Sosial; Rabat; Bruto; Tarra; Netto; PBI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10694 |