Hutabarat, Parma Hikmah Sakinah (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SEMESTER I SMA YAPIM BIRU BIRU T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244420124 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244420124 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
061244420124 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
061244420124 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
061244420124 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
061244420124 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244420124 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
061244420124 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
061244420124 BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
061244420124 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
061244420124 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan metode praktikum dan yang tidak menggunakan metode praktikum pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI semester I SMA YAPIM Biru Biru T.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA YAPIM Biru Biru T.P 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu telah divalidasi yang dilakukan oleh satu orang dosen biologi dan dua orang guru biologi, dan hasil validasi dinyatakan validDari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,5 dengan standar deviasi10,20, dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,0 dengan standar deviasi 8,25. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1169 dan Ltabel = 0,1402, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1311, dan Ltabel = 0,1402, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,526 dan Ftabel = 1,704 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,240 dan ttabel = 1,994, sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan metode Praktikum dan kelas kontrol tidak menggunakan metode Praktikum. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,9 dengan standar deviasi 8,76, dan kelas kontrol 66,125 dengan standar deviasi 11,25. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,988 dan ttabel = 1,994, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan metode praktikum dan yang tidak menggunakan metode praktikum pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI semester I SMA YAPIM Biru Biru T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 571.607 1 Hut p |
Keywords: | Belajar;Struktur;Laboratorium;Fungsi Sel;Prakktikum |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10680 |