Minarti, Sri (2013) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTERPADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANANDAN PENERAPANNYA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia Studio pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan dalam bentuk CD dan mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan adanya media pembelajaran. Uji coba media dilakukan di SMA Negeri 11 Medan dengan jumlah responden 74 siswa dalam dua kelas. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan evaluasi media yang diberikan kepada siswa, guru dan mahasiswa serta soal bentuk pilihan berganda. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan software utama Camtasia Studio dan software pendukung lain seperti Format Factory dan Youtube. Uji kelayakan media pembelajaran menurut ahli media pembelajaran (mahasiswa dan guru) memperoleh persentasi rata-rata sebesar 75,96%, dan hasil angket persepsi siswa terhadap media diperoleh persentase rata-rata sebesar 76,32% dan 81,21%. Hasil analisa data diperoleh bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran adalah 78,38% dan 78,11%. Di kelas XI IPA 1 terdapat 31 siswa yang tuntas (83,78%) dari 37 siswa dan di kelas XI IPA 2 terdapat 33 siswa (89,19%) yang tuntas dari 37 siswa, secara klasikal ketuntasan belajar telah terpenuhi. Ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) untuk kedua kelas adalah 100%, dan dari hasil observasi secara keseluruhan adalah baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer dengan aplikasi Camtasia Studio pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan dalam bentuk CD untuk siswa kelas XI IPA 1 dan 2 di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.107 1 Min p |
Keywords: | Media Pembelajaran;Softwere;Penyakit;Pertimbangan;Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10678 |