Novita (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104111004 COVER pdf.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4104111004 LEMBAR PENGESAHAN pdf.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4104111004 KATA PENGANTAR pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4104111004 ABSTRAK pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4104111004 DAFTAR ISI pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4104111004 DAFTAR TABEL pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4104111004 DAFTAR DIAGRAM pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4104111004 DAFTAR LAMPIRAN pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4104111004 BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4104111004 BAB V pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4104111004 DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini kelas VII-4 dengan jumlah siswa 35 orang. Objek dalam penelitian ini meningkatkan kemampua pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif number head together menggunakan alat peraga pada bilangan pecahan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi.Tes kemampuan pemecahan masalah bertujuan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa disetiap siklus.Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolaan kegitan pembelajaran.Soal tes berbentuk uraian yang terlebih dahulu divalidkan oleh validator yaitu dosen UNIMED dan guru SMP Negeri 29 Medan. Sebelum diberikan tindakan pembelajaran terlebih dahulu siswa diberikan tes kemampuan awal yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa.Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT dan alat peraga.Diakhir siklus siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah I dan II masing-masing sebanyak 5 soal uraian. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 11 orang (31.43%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar.Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan belum mencapai 80%.Pada siklus II, hasil tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 35 orang (100%) mencapai tingkat ketuntasan belajar. Karena telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan telah memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 29 Medan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10645 |