Simorangkir, Lenardo Deyos (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SD NEGERI NO 101802 NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311027 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
408311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
408311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
408311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa kelas VI SD Negeri 101802 Namorambe dalam menguasai konsep bilangan bulat serta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 101802 Namorambe dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 101802 Namorambe yang berjumlah 26 orang siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal-soal operasi bilangan bulat sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes yang terlebih dahulu sudah divaliditaskan. Selanjutnya untuk mengetahui letak kelemahan siswa dilakukanlah wawancara, dan observasi terhadap siswa dan guru. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, memaparkan data, kemudian menarik kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari siklus I dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan siswa dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat. Setelah ditemukannya permasalahan, maka dilanjutkan dengan pemberian alternatif pemecahan (perencaan), pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data dan refleksi. Hasil yang diperoleh berdasarkan paparan data terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan rata-rata tes awal siswa adalah 38,6 dengan ketuntasan klasikal 13%. Setelah diberi tindakan I dengan menerapkan model pendekatan matematika realistik nilai rata-rata kelas menjadi 62,63 dengan ketuntasan klasikal 57% ini berarti terjadi peningkatan 44% dari tes awal. Kemudian setelah diberikan tindakan II diperoleh rata-rata nilai tes hasil belajar 70,88 dengan ketuntasan klasikal 89% ini menunjukan terjadi peningkatan sebesar 32 % dari tes hasil belajar I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sim u |
Keywords: | Belajar; Matematika; Realistik; Permainan; Bilangan Bulat; Penjumlahan;Himpunan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10640 |