Hutauruk, Pumpe Lince Valentina (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SD SWASTA ANDREAS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244110018 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
081244110018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
081244110018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
081244110018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081244110018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
081244110018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081244110018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
081244110018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081244110018 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
081244110018 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
081244110018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sederhana, untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran Bangun ruang sederhana dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada materi Bangun ruang Sederhana dengan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SD Swasta Andreas Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Andreas Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sederhana dengan model pembelajaran Quantum Teaching.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran pada siklus I adalah 2,13 dengan kategori kurang baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran adalah 2,63 dengan kategori baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,07 dengan kategori kurang baik sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 2,57 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 46,15% dan nilai rata-rata kelas yaitu 59. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 61,54% dan nilai rata-rata kelas yaitu 64. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 87,18% dan nilai rata-rata kelas yaitu 76. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantun Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bangun ruang sederhana di kelas IV SD swasta Andreas T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Hut u |
Keywords: | Belajar; Quantum Teaching; Kubus; Balok; Bangun; Ruang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10625 |