Fakhrunnisa (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN RETENSI SISWA KELAS IX SMP SWASTA YAPENA 45 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111049 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
408111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
408111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408111049 BAB 1.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
408111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan kemampuan retensi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching menggunakan teknik Mind Mapping lebih baik dibandingkan dengan metode belajar ekspositori pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Swasta YAPENA 45 Medan .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta YAPENA 45 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 30 orang siswa pada kelas IX-a sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-b sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan pada kelas kontrol menggunakan metode belajar ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuk tes uraian, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Dan dalam selang waktu dua minggu dilakukan kembali tes retensi untuk mengetahui kemampuan retensi siswa yaitu sebanyak 5 soal yang juga telah dinyatakan valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data postes untuk hasil belajar dan data tes retensi untuk kemampuan retensi dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 berturut-turut diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,855 > 1,671 dan 1,749 > 1,671 sehingga untuk kedua uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. disimpulkan bahwa hasil belajar dan kemampuan retensi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping lebih baik dibandingkan dengan metode ekspositori. Atau dapat pula dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan menggunakan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar dan kemampuan retensi siswa di SMP Swasta YAPENA 45 Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Fak p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Retensi; Quantum; Ruang; Tabung; Kerucut; Bola |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10614 |