Agustini, Fauzia (2010) PENGELOLAAN PARIWISATA KEBUN BINATANG MEDAN (KBM) DITINJAU DARI PERSEPSI PARA WISATAWAN PENGUNJUNG. INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan, 07 (02). pp. 223-228. ISSN 1829-8079
Pengelolaan Pariwisata Kebun Binatang Medan (KBM) Ditinjau dari Persepsi Para Wisatawan Pengunjung.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Peranan pariwisata yang berasal dari penerimaan negara diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kota Medan sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia terus berupaya mengembangkan kepariwisataan dengan menggali potensi wisata yang berada di wilayah di kota Medan. Kebun Binatang Medan (KBM) yang merupakan salah satu objek wisata di kota Medan kurang mendapat penanganan yang serius dari Pemerintah Kota Medan untuk dapat menjadi potensi wisata unggulan di Kota Medan. Sebagai upaya mengembangkan Kebun Binatang Medan ini perlu diketahui dengan jelas bagaimana sikap pengunjung terhadap KBM tersebut. Sikap pengunjung ini tentu saja merupakan perilaku mereka sehingga agar dapat lebih menarik minat para wisatawan perlu dikenal lebih pasti tentang sikap para pengunjung yang selama ini kebanyakan merupakan wisatawan lokal yang berasal dari wilayah Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung mempunyai sikap yang positif terhadap harga karcis masuk pada Kebun Binatang Medan ini dimana harga karcis masuk tersebut relatif tidak mahal. Namun demikian, mereka mempunyai sikap yang negatif terhadap pengelolaan KBM. Hal ini menunjukkan bahwa mereka merasa tidak puas dengan keadaan KBM dan mengharapkan perlunya perhatian yang khusus dari Pemerintah Kota Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | pariwisata, kebun binatang, sikap pengunjung |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:01 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/106 |