Wiraswesti (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111106 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408111106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408111106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408111106 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408111106 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
408111106 BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408111106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas VII SMP Kartika I-2 Medan dalam memahami operasi hitung bilangan bulat pada saat proses pembelajaran dan upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII SMP Kartika I-2 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Elaborasi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk uraian. Tes Hasil Belajar I berjumlah 5 soal, dan Tes Hasil Belajar II berjumlah 5 soal. Penelitian ini menggunakan LKS untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini juga menggunakan lembar pengamatan (observasi) sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 29 orang (72,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (yang mendapat nilai minimal 65) dan 11 orang (27,5%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,5. (2) Tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 35 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,62. Maka terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 15% dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,12. (3) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Elaborasi berjalan dengan sangat baik.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Elaborasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Wir u |
Keywords: | Belajar; Matematika; Modul; Elaborasi; Hitung; Bilangan Bulat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10595 |