PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG KELAS IX DI SMP NEGERI 1 MEDAN

Rangkuti, Siti Rafiah (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG KELAS IX DI SMP NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408 611 008 COVER.pdf]
Preview
Text
408 611 008 COVER.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408 611 008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408 611 008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408 611 008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408 611 008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408 611 008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408 611 008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 BAB I.pdf]
Preview
Text
408 611 008 BAB I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 BAB V.pdf]
Preview
Text
408 611 008 BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 408 611 008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408 611 008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung kelas IX di SMP Negeri 1 Medan. Penilitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Medan merupakan penilitian eksperimen kuasi di semester I kelas IX di SMP Negeri 1 Medan tahun ajaran 2012/2013. Sampel penilitian ini terdiri dari dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen pertama yakni IX – Phytagoras diajarkan dengan Pembelajaran Kontekstual, dan kelas eksperimen kedua adalah IX - John Locke dengan pembelajaran langsung. Instrumen penilitian dalam pengambilan data menggunakan tes dan lembar observasi. Tes yang digunakan yakni esai yang terdiri dari 4 butir soal mengenai luas permukaan dan volum tabung. Teknik analisis data menggunakan analisis perbedaan dengan uji – t. Dari hasil penilitian diperoleh nilai rata – rata post test di kelas eksperimen pertama 81.54 dan kelas eksperimen kedua sebesar 68.09. Standar deviasi di kelas eksperimen pertama 13.84 dan kelas eksperimen kedua sebesar 13.59. Setelah dilakukan uji – t dari data diperoleh t hitung = 3.177 dan diperoleh dengan taraf significan α = 0.05 maka ttabel = 1.684. Berdasarkan kriteria pengujian dimana thitung > ttabel maka Ha diterima dengan data hasil post tes 3.177 > 1.684. Yang berarti ada perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran kontesktual dan pembelajaran langsung. Berbagai kesalahan siswa yang dilakukan setelah diajarkan mengunakan pembelajaran kontekstual yakni: tidak lengkap menuliskan informasi yang diperoleh dari soal, salah menuliskan rumus luas permukaan dan volume tabung, tidak melengkapi strategi untuk penyelesaian masalah, kesalahan dalam perhitungan dan operasi aljabar. Jenis kesalahan siswa yang telah melakukan pembelajaran langsung yakni sama dengn pembelajaran kontekstual, dan tambahannya pada kelas ini siswa banyak yang tidak melakukan evaluasi/analisis kembali dengan benar.
Kata – kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 516.360 71 Ran d
Keywords: Pembelajaran; Achievement; Matatematika; Kontekstual; Kurva; Silinder; Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item
View Item