Humairoh, Lisa (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111073 Cover.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408111073 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
408111073 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408111073 Abstrak.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
408111073 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111073 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111073 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408111073 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111073 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
408111073 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408111073 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408111073 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match pada materi operasi hitung bilangan bulat di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes pada setiap akhir siklus dengan indikator keberhasilan persentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 3 kategori aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 60% siswa memperoleh nilai minimal 65 dan pada siklus II 86,67% siswa yang memperoleh nilai minimal 65 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 26,67% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif dengan metode make a match pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran make a match pada materi lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Hum p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Siswa; Kooperatif; Bilangan; Bulat; Hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10582 |