Ritonga, Nanna Lestari (2013) PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311033 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408311033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408311033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
408311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408311033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408311033 BAB I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
408311033 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408311033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Bunda Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu kelas VIII-a yang berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar yang terdiri dari lima soal. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Hasil analisis siklus I dari nilai Test Hasil Belajar I diperoleh nilai rata-ratanya 62,4. Sebanyak 11 siswa (40,8%) tuntas dalam belajar sedangkan 16 siswa (59,3%) tidak tuntas. Dan hasil analisis siklus II dari nilai Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 80,7. Sebanyak 23 siswa (85,2%) tuntas dalam belajar sedangkan 4 siswa (14,8%) tidak tuntas dalam belajar. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 85,2% yang memperoleh nilai 65 dan siswa lainnya atau 14,8% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria tinggi, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi untuk guru pada siklus I sebesar 2,23 meningkat pada siklus II menjadi 3,02. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sudah baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), hasil belajar siswa khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model PBL( Problem Based Learning) sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk lebih melatih siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Rit p |
Keywords: | Pembelajaran; Variabel; Linear; PBL; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10575 |