Handayani, Sri Syahfitri (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP SWASTA NUR ADIA TANJUNG SELAMAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071744127068 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071744127068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071744127068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071744127068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071744127068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071744127068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071744127068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071744127068 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
071744127068 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071744127068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan kesulitan – kesulitan yang dialami oleh siswa dengan menerapkan metode inkuri pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Swasta Nur Adia Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Nur Adia Tanjung Selamat yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar. Instrumen Penelitian terdiri dari tes, lembar observasi dan lembar wawancara. Tes berbentuk uraian yang terdiri dari tes awal sebanyak 5 soal, tes hasil belajar I pada siklus I sebanyak 5 soal dan tes hasil belajar II pada siklus II sebanyak 5 soal. Lembar observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis tes awal yang diperoleh sebelum pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan metode inkuiri yaitu terdapat 3 orang (8,57%) yang telah tuntas secara klasikal namun masih terdapat 32 orang (91,42%) yang belum tuntas secara klasikal dengan nilai rata – rata 39,68. Berdasarkan hasil tes awal maka diberikan tindakan pada siklus I dengan tes hasil belajar I terdapat 15 orang (42,85 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 67,08 tetapi belum mencukupi syarat ketuntasan klasikal.(85%), maka dilanjutkan pada siklus II dan hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan tindakan pada siklus II yaitu terdapat 31 orang (88,57 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 78,37 dan telah tuntas secara klasikal.(85%) maka pembelajaran telah tuntas dan penelitian di berhentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 45,72%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka bagi guru matematika yang ingin meningkatkan hasil belajar matematika siswa hendaknya menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Han p |
Keywords: | Aljabar; Perkalian; Inkuiri; Guru; Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10570 |