Purba, Sukarman (2015) DEMOKRATISASI DAN OTONOMI PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI PADA OTONOMI DAERAH. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Humaniora, 7 (2). 07-20. ISSN 1410-9263
FUllText.pdf - Published Version
Download (19MB) | Preview
Abstract
Penelitian adalah suatu usaha manusia untuk memelihara, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan masyarakat. Untuk itu, pendidikan harus dapat dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia sehingga diperlukan Demokratisasi Pendidikan yang menjamin kesamaan hak dan akses terhadap pendidikan. Dengan diberlakukannnya otonomi Daerah, maka keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dapat menjadi unsur penentu dalam terlaksananya demokratisasi pendidikan. Untuk dapat mewujudkan demokrasi pendidikan maka perlu diberikan otonomi pendidikan. Dalam pengertian otonomi pendidikan, terkandung makna demokrasi dan keadilan sosial, artinya pendidikan dilakukan secara demokrasi sehingga tujuan yang diharapkan dapat diwujudkan dan pendidikan diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat, sesuai dengan cita-cita bangsa dalam mencerdaskan bangsa. Dengan bangsa yang cerdas diharapkan dapat diwujudkan masyarakat madani (civil society).Pemberian otonomi pendidikan mempunyai tujuan untuk memberi suatu otonomi dalam mewujudkan fungsi manajemen pendidikan sehingga demokratisasi pendidikan dapat terwujud dalam pembentukan masyarakat madani. Masyarakat madani dapat ditempuh melalui jalur pendidikan, baik di sekolah maupun di luar sekolah, sehingga pendidikan perlu dikelola dengan memantapkan manajemen, membangun pendidikan berbasis masyarakat, Pemberdayaan sekolah dengan orientasi pembelajaran yang bermakna dan berkualitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Demokratisasi; Otonomi Pendidikan; Masyarakat MAdani; Otonomi Daerah |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 01:51 |
Last Modified: | 01 Apr 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1057 |