Nasution, Pramita Suriani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321042 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408321042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408321042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408321042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408321042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
408321042 BAB 1.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
408321042 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408321042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408321042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gaya di kelas VIII SMPNegeri 10 MedanT.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPNegeri 10 Medanyang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling, kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 33orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,5 dengan standar deviasi 9,3, dengan nilai Uji Normalitas Lhitung<Ltabel(0,1091 < 0,154), maka data pretes kelas eksperimen berdistribusi normal. Dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,1dengan standar deviasi 8,6, dengan nilai Uji Normalitas Lhitung<Ltabel(0,0942 < 0,154) maka data pretes kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitasnya diketahui nilai untuk pretes kedua kelas diperoleh Fhitung<Ftabel(1,17 < 1,808). Maka dapat dinyatakan bahwa kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizersebesar 73,6 dengan standar deviasi 9,1, dengan nilai Uji Normalitas Lhitung<Ltabel(0,1099 < 0,154) maka data postes kelas eksperimen berdistribusi normal, dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 68,9 dengan standar deviasi 9,7. dengan nilai Uji Normalitas Lhitung<Ltabel(0,1099 < 0,154) maka data postes kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitasnya diketahui nilai untuk postes kedua kelas diperoleh Fhitung<Ftabel (1,12 < 1,808). Sedangkan analisis uji-t pada pretes di peroleh thitung < ttabel (-0,268 < 1,998), dapat disimpulkan bahwa antara kelasa eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan yang sama. Dan hasil analisis uji-t pada postes diperolehthitung>ttabel(2 > 1,998). Karena thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Advance Organizerterhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 71 Nas p |
Keywords: | Gaya; Pembelajaran; Gravitasi; Magnet; Listrik; Advance Organizer |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10546 |