Habeahan, Sastrina (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA KELAS XI T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
81244310020 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
81244310020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
81244310020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
81244310020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
81244310020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
81244310020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
81244310020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
81244310020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
81244310020 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
81244310020 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
81244310020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
81244310020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Strategi Pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi dan mengetahui seberapa besar Pengaruh Strategi Pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan kelas XI IPA, yang digunakan adalah 2 kelas masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif tes. Sebanyak 30 soal yang divalidkan, dan diperoleh soal yang valid sebanyak 15 soal. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Medan adalah lebih tinggi antara hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Inkuiri dengan pembelajaran konvensional, rata-rata pre tes eksperimen 41,76 dan konvensional 45,531 rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran Inkuiri adalah 92,32 sedangkan hasil belajar kimia siswa di kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional adalah 87,5. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dua pihak, dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 2.62 > ttabel = 2,037 pada taraf α = 0,05 db = 55. Hal ini memperlihatkan bahwa Ha diterima, Ho ditolak yang artinya lebih tinggi hasil belajar kimia siswa di kelas eksperimen daripada kelas control padapokok bahasan laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Hab p |
Keywords: | Reaksi; Temperatur; Suhu; Molaritas; Larutan; Pembelajaran; Media; Handaut; Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10536 |