Wijaya, Dediyan (2013) PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI IPA DI SMA SWASTA AR-RAHMAN MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar dengan menerapkan e-Learning berbasis weblog dengan metode diskusi lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional dengan metode diskusi terhadap materi pokok sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 IPA SMA Swasta Ar-Rahman sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian diambil secara total sampling dimana kelas eksperimen I diberikan pembelajaran dengan penerapan e-learning berbasis weblog dengan metode diskusi dan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran konvensional dengan metode diskusi. Berdasarkan hasil pretest dan postest yang telah dilakukan dalam penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen I sebesar 45,58% dan untuk kelas eksperimen II sebesar 27,75%. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 64 diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel atau 6,41 > 1,66. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan penerapan ¬e-learning¬ berbasis weblog dengan metode diskusi lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional dengan metode diskusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 Wij p |
Keywords: | Belajar; Kimia; E-Learning; Pembelajaran; Weblog; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10524 |