Samosir, Faisal S and Silitonga, Marsangkap (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PENGAJARAN KOMPLEKS (COMPLEX INTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGANALISIS RANGKAIAN KEMAGNETAN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (1). pp. 68-78. ISSN 0854-7468
Cover.pdf
Download (292kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (316kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menganalisis rangkaian kemagnetan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pengajaran kompleks, dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Medan tahun 2013. Populasi penelitian sebanyak tiga kelas dan diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-TITL1, dan X-TITL2 masing-masing sebanyak 27 siswa. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Data penelitian dijaring dengan tes menggunakan instrument berbentuk objektif pilihan ganda lima pilihan jawaban. Instrumen tes digunakan setelah melalui ujicoba untuk mengetahui validitasnya dan reliabilitasnya. Hasil belajar menganalisis rangkaian kemagnetan siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe pengajaran kompleks memiliki skor rata-rata 23,74 sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung memiliki skor rata-rata 20,70. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe pengajaran kompleks lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengajaran Kompleks; Rangkaian Kemagnetan; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 01:24 |
Last Modified: | 01 Apr 2016 01:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1052 |