Nasution, Maimunah (2013) PENGARUH GAME KIMIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMP N1 PEGAJAHAN PADA POKOK BAHASAN UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331029 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
408331029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
408331029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
408331029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
408331029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
408331029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
408331029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408331029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
408331029 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
408331029 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408331029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh game kimia melalui metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Control group pre-test-post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP N 1 Pegajahan Serdang Bedagai T.P 2012/2013. Sampel penelitian ini diambil dengan secara purposive, terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menerapkan Game kimia melalui metode pembelajaran kooperatif STAD dan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran secara konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang. Instrumen yang valid dari 30 soal adalah 20 soal dan instrument yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal dengan reabilitas 0,7134. Analisis statistik uji-t diperoleh thitung = 2,5714 kemudian harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 58 ttabel = ternyata thitung > ttabel (2,5714 > 1.660). Hal ini berarti Ho ditolak Ha diterima. Peningkatan hasil belajar kimia siswa terhadap game kimia melalui metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) adalah sebesar 63,78% dan aspek kognitif yang terkembangkan yaitu C2 sebesar 71,228 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan game kimia melalui metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.207 1 Nas p |
Keywords: | Media; Game; Edukasi; Pembelajaran; Kooperatif; Hidrogen; Unsur; Senyawa; Campuran; Zat |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10518 |