Hariya, Henni (2013) PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION (DI) DAN METODE DISKUSI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA ANIMASI PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMK TEKNIK REKAYASA YAYASAN HARAPAN BANGSA LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244310007 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
061244310007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
061244310007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
061244310007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
061244310007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
061244310007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244310007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244310007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244310007 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
061244310007 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
061244310007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi yang diintegrasi dengan media animasi secara signifikan lebih baik dibandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction (DI) yang diintegrasi dengan media animasi pada pokok bahasan struktur atom. Serta mengetahui berapa besar efektivitas hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi yang diintegrasi dengan media animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction (DI) yang diintegrasi dengan media animasi.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Teknik Rekayasa Yayasan Harapan Bangsa Langkat yang terdiri dari 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari sekitar 30 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sampel total berjumlah 2 kelas kelas X-1 sebagai kelas eksperimen1 dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen2. Kelas eksperimen1 diberi perlakuan metode diskusi yang diintegrasi dengan media animasi dan kelas eksperimen2 diberi perlakuan pembelajaran Direct Instruction (DI) yang diintegrasi dengan media animasi.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi yang diintegrasi dengan media animasi secara signifikan lebih baik dibandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction (DI) yang diintegrasi dengan media animasi pada pokok bahasan struktur atom. Efektivitas hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi yang diintegrasi dengan media animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction (DI) yang diintegrasi dengan media animasi yaitu sebesar 32,34%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Har p |
Keywords: | Pembelajaran; Media; Komputer; Animasi; Diskusi; Direct Instruction; Atom; Elektron |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10506 |