Batubata, Rofiqoh (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313022 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
108313022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313022 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
108313022 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Peta Kosep lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Strategi PBL dengan Media Peta Kosep Pada Materi Pokok Laju Reaksi di MAN P.Siantar. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan PBL dengan Media Peta Kosep, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak dan diperoleh thitung = 2.023 sedangkan ttabel = 2.0063 untuk α = 0.05 dan db = 54. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan Strategi PBL dengan Media Peta Kosep dan pengajaran menggunakan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep pada materi pokok Laju Reaksi. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 51.781 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 39.966% serta %efektifitas gain kedua kelas ne sebesar 30%, hal ini menunjukkan perbedaan signifikansinya dengan kriteria
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Bat p |
Keywords: | Pembelajaran; Peta Konsep; Media; Reakton; Laju; Reaksi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10489 |