Khairani, Zakiyah (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310021 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
081244310021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
081244310021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
081244310021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081244310021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
081244310021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081244310021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
081244310021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
081244310021 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
081244310021 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
081244310021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan persepsi siswa terhadap penggunaan media macromedia flash pada pembelajaran pokok bahasan ikatan kimia di kelas X SMA Negeri 3 Medan semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak satu kelas, yaitu kelas X-2 SMA Negeri 3 Medan yang diberikan pembelajaran pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan media macromedia flash. Penelitian menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitasnya, diperoleh hasil bahwa sampel berdistribusi normal. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan gain dan diperoleh persen keberhasilan belajar siswa sebesar 77,94%. Berdasarkan uji efektifitas treatment diperoleh bahwa pembelajaran dinyatakan efektif karena ada perbedaan signifikan antara pretest dan postest sebesar 32,414, dimana diberikan essay tes sebagai pendukung postest dan diperoleh rata-rata hasil essay test sebesar 65,96%. Berdasarkan angket yang disebar diperoleh bahwa 74,31% media macromedia flash yang digunakan dapat mempengaruhi pengetahuan siswa. Dengan melihat keberhasilan belajar dan pengaruh pengetahuan siswa dengan menggunakan media macromedia flash, maka diharapkan media ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Kha e |
Keywords: | Pembelajaran; Media; Macromedia Flas; Komputer; Ion; Kovalen; Logam; Ikatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10488 |