Yani, Ahmad Fauzi Syahputra (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131028 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
408131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
408131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
408131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
408131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
408131028 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
408131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
408131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
408131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar oleh siswa. Hal ini disebabkan pelajaran kimia berisi konsep-konsep yang sulit untuk dipahami. Selain itu pembelajaran yang masih berpusat pada guru juga menyebabkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mencari solusi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Two stay Two Stray yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa khususnya pada pokok bahasan ikatan kimia di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran pada kelas X semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September - Nopember 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 7 kelas dan berjumlah 254 siswa. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa, pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas pertama sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan media berbasis komputer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Berdasarkan penelitian di kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 23,61 dan rata-rata nilai postes sebesar 76,39. Sedangkan di kelas eksperimen 2 rata- rata nilai pretes sebesar 26,67 dan rata-rata nilai postes sebesar 64,17. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,63 > 1,668 maka hipotesis alternative Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan media berbasis komputer pada pokok bahasan ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Yan p |
Keywords: | Pembelajaran; Media; Komputer; Kooperatif; Ikatan; Logam; Polarisasi; Kovalen; Ion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10479 |