Daulay, Elisnasari (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IX SMP SWASTA ANDREAS PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244420158 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
061244420158 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
061244420158 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061244420158 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
061244420158 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061244420158 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244420158 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244420158 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244420158 BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
061244420158 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
061244420158 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Group Investigation. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Andreas Binjai dengan materi pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dan di desain dengan dilakukannya pretest dan posttest. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel total dimana sampel diambil adalah seluruh kelas IX SMP Swasta Andreas yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 48 siswa. Dimana Kelas I ( ) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berjumlah 24 siswa, Kelas II ( ) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilhan berganda.Berdasarkan hasil analisa data penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan (posttest) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sebesar 77,29 dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebesar 70,62. Pada hasil Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji t terlihat sedangkan pada taraf signifikan α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Dau p |
Keywords: | Belajar; Kooperatif; TPS; Manusia; Kelenjar; Perempuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10469 |