Sitinjak, Dallas (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKASISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI KELAS VIISMP SWASTA BAKTI MULIA ONANRUNGGUTAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409621001 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409621001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409621001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
409621001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409621001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409621001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409621001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409621001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409621001 BAB I.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
409621001 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409621001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Kalor di kelas VII SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu Tahun Ajaran 2012/2013, (2) aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan Kalor.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu Tahun Ajaran 2012/2013, yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 37 orang yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan kelas kontrol sebanyak 37 orang diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional.. Alat yang pengumpul data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapai.Pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), rata-rata pretes adalah 40.95 sedangkan pada model pembelajaran konvensional, rata-rata pretes adalah 42.43 Setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t dua pihak) disimpulkan bahwa kemampuan awal sampel sama. Setelah diberikan perlakuan berbeda, nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 81.49 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 73.51. Data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen dibuktikan dengan uji prasyarat data. Hasil pengujian hipotesis postes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t satu pihak dengan taraf signifikansi α = 0.05 diperoleh thitung = 3.6016 sedangkan ttabel = 1.99 (thitung > ttabel) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak Ho, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Sit p |
Keywords: | Benda; Zat; Uap; Mendidih; Melebur; Konduksi; Konveksi; Radiasi; Konvensional; Suhu; Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10455 |