Haiyani S, Farida (2012) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZATDAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER ISMP NEGERI 10 BINJAI T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321018 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408321018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
408321018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408321018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408321018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
408321018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408321018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408321018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
408321018 BAB I.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408321018 BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
408321018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran konvensional pada materi zat dan wujudnya di kelas VII Semester I SMP Negeri 10 Binjai T.A 2012/2013 saat menggunakan model pembelajaran inkuiri.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 32 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 4 pilihan yang berjumlah 15 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 27,7 dengan standar deviasi 9,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol 27,5 dengan standar deviasi 11,6. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 74,8 dengan standar deviasi 7,9 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 67,7 dengan standar deviasi 8,6. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung= 6,4 sedangkan untuk ttabel = 1,7 sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu H_aditerima dan H_o ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional pada materi Zat dan Wujudnya di kelas VII Semester I di SMP Negeri 10 Binjai T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Hai p |
Keywords: | Pembelajaran; Inkuiri;Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10433 |