Utrifani, Ajeng (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121003 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409121003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
409121003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409121003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409121003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409121003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409121003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409121003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409121003 BAB I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
409121003 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
409121003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan angket yang telah disebarkan, bahwa cara penyampaian meteri oleh guru kurang menarik perhatian siswa pada saat proses belajar mengajar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional, aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran Problem Based Learning serta pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 39 orang dan kelas kontrol berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah 6 soal. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 23,91 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 21,87. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 67,12. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,97 dengan dan kelas kontrol 69,87. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,06 dan ttabel = 1,6675, sehingga thitung > ttabel (2,06 > 1,6675) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2013/2014. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar memperhatikan penyusunan soal tes hasil belajar dan alokasi waktu yang disesuaikan dengan sintaks dari model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Utr p |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar; PBL; Pembelajaran; Jarak; Perpindahan; Kecepatan; Gerak Lurus; Gerak Vertical |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10416 |