Amelia, Fitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 15 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321020 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
409321020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409321020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409321020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
409321020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409321020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409321020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
409321020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409321020 BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
409321020 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
409321020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar fisika siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Negeri 15 Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pre-test and Post-test. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 260 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas VII-8 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 option yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 33,77 dengan standar deviasi 8,14 pada kelas control sebesar 32,67 dengan standar deviasi 8,48. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung<Ltabel = 0,12 < 0,16, sedangkan kelas control Lhitung<Ltabel = 0,09 < 0,16 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel deperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65 < 1,858 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,23 < ttabel = 2,002 maka H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 76,33 dengan standar deviasi 6,56 dan pada kelas control sebesar 70,83 dengan standar deviasi 8,42. Hasil uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel = 2,79 > 1,679 yang berarti Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 55,11%, pertemuan ke II = 71,56% pertemuan ke III = 75,78%. Dari nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Ame p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas; Pembelajaran; Kooperatif; Konvensional; Gaya; Kohesl; Adhesi; Zat Padat; Zat Cair; Zat Gas; Massa Jenis; Kapilaritas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10399 |