Lubis, Siti Aisyah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS VIII SEMESTER 1 SMP YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII semester I SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester I SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Sebelum tes ini ini di ujikan kepada siswa, maka terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat tes. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes kedua kelas yang berdistribusi normal dan selanjutnya dilakukan uji homogenitas data sehingga diketahui kedua kelas sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran generatif 70,44 dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung 60,44. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran generatif diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 58,22 ( cukup aktif ), pada pertemuan II 68,45 ( aktif ) dan pada pertemuan ke III sebesar 72 ( aktif ). Hasil uji t diperoleh thitung = 2,06 dan ttabel = 1,84 sehingga thitung > ttabel (2,06>1,84) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII semester I SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran; Generatif; Hasil Belajar; Newton; Hukum; Ranah Kognitif; Ranah Psikomotorik; Ranah Afektif; Model; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10398 |