Nasution, Eflida Yanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441024 cover.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409441024 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409441024 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409441024 abstrak.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409441024 daftar isi.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409441024 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
409441024 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409441024 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409441024 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409441024 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409441024 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409441024 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-1 dan VIII-3 di SMP Negeri 1 Sei Rampah yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pada materi SPLDV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I dikelas VIII-3 dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas VIII-1 untuk melihat peningkatan aktivtas dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Peningkatan aktivitas belajar siswa diketahui dari hasil pengamatan oleh observer pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I di kelas VIII-3 rata-rata aktivitas belajar siswa 58,29%. Pada siklus II di kelas VIII-1 rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,29%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-3 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 14 siswa (40%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 21 siswa (60%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 58,77. Pada siklus II di kelas VIII-1 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 30 siswa (85,71%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (14,29%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 71,83. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Dari tindakan, pengematan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nas p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; NHT; SVLDV; Linier; Grafik; Substitusi; Eliminasi; Campuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10386 |