Manik, Inna Sakinah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321028 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409321028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409321028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409321028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409321028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409321028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409321028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409321028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409321028 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
409321028 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409321028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
409321028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIIIB dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas VIIIC dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 16 soal dan terdiri dari 4 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian diperolah hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada materi pokok Usaha dan Energi di semester I SMP Muhammadiyah Swasta Medan T.P.2013/2014 (kelas eksperimen) sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretes sebesar 44,391 dan setelah diberikan perlakuan rata-rata postes siswa sebesar 72,115. Hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada materi pokok Usaha dan Energi di semester I SMP Muhammadiyah Swasta Medan T.P.2013/2014 (kelas kontrol) sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretes sebesar 37,321 dan setelah diberikan perlakuan rata-rata postes siswa sebesar 61,07. Ada pengaruh dengan model pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar siswa dengan thitung > ttabel = 2,497 > 2,00 pada taraf signifikansi α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Man p |
Keywords: | STAD; Eksperimen; Hasil Belajar; Konvensional; Cooperative Learning; Usaha; Energi; Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10379 |