Harahap, Fitri Melia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321021 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409321021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409321021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409321021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
409321021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409321021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409321021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
409321021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409321021 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409321021 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409321021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 163 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling, yaitu Kelas XI-3 berjumlah 40 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan kelas XI-4 berjumlah 40 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 15 soal yang telah divalidasi. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,84 dan kelas kontrol sebesar 43,67. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh = 0,38. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh = 1,99( < ), sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Setelah selesai pembelajaran, dilakukan postest dengan hasil nilai rata-rata postest kelas eksperimen 73,67 dan kelas kontrol sebesar 66,67. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh = 2,625. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh = 1,667 ( > ) yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di Kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Har p |
Keywords: | NHT; Hasil Belajar; Usaha; Energi; Bentuk Energi; Energi Potensial; Energi Kinetik; Gravitasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10376 |