Akhmad, Imran (2011) STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. Majalah Keolahragaan Sportif, 5 (2). pp. 131-141. ISSN 1978-4449
Cover,FullText.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Pendidikan pada hakekatnya diarahkan untuk membantu siswa menemukan potensinya selanjutnya dikembangkan pada tahap optimal dengan landasan moral sebagai bekal yang tertanam dalam dirinya untuk menjalankan kehidupan. Sebagai salah satu mata pelajaran, pendidikan jasmani dan olahraga juga harus mampu mendukung pengembangan pendidikan karakter bagi para siswa. Untuk mencapai pendidikan karakter perlu silakukan strategi melalui pembelajaran penjas. Strategi integrasi pendidikan karakter melalui pendidikan jasmani dan olahraga dapat dilakukan melalui 4 langkah, diantaranya: 1) Integrasi kedalam proses belajar mengajar, artinya bahwa mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga merupakan mata pelajaran yang dalam mencapai tujuan pendidikan melalui aktivitas jasmani, 2) Pembiasaan dalam kehidupan keseharian di sekolah. Peran guru pendidikan jasmani menjadi penting karena perilaku disiplin, sopan santun, kejujuran dimungkinkan dapat terus diawasi oleh semua guru terutama bagi guru pendidikan jasmani dan olahraga, 3) Kegiatan keseharian dirumah dan dilingkungan masyarakat
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pendidikan; Karakter; Pendidikan Jasmani; Olahraga |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 04:30 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1035 |