UNSPECIFIED (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SALAPIAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244110004 cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
081244110004 pengesahan.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Pages from 081244110004 KATA PENGANTAR-5.pdf - Published Version
Download (0B)
081244110004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081244110004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
081244110004 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
081244110004 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244110004 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081244110004 BAB I.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
081244110004 BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
081244110004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
081244110004 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VII SMP Negeri 1 Salapian Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-C dengan jumlah siswa 40 orang.Instrumen penelitian terdiri dari tes dan lembar observasi.Tes berbentuk uraian yang terdiri dari tes awal sebanyak 4 soal, tes hasil belajar I pada siklus I sebanyak 4 soal dan tes hasil belajar II pada siklus II sebanyak 5 soal. Lembar observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 2 orang siswa (5%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 30 orang siswa (75%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%.Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah hasil belajar siswa (≥ 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 57,5% ( 23 siswa) yang tuntas, dengan nilai rata-rata kelas 65,88. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 90% (30 siswa) dengan nilai rata-rata 85,20.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 32,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru matematika yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa hendaknya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Son u |
Keywords: | Aktivitas;Pembelajaran; Pecahan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10322 |