PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Harahap, Ilham Hakiki (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408141073 Judul.pdf]
Preview
Text
408141073 Judul.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
408141073 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
408141073 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Abstrak.pdf]
Preview
Text
408141073 Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
408141073 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Bab I.pdf]
Preview
Text
408141073 Bab I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Bab V.pdf]
Preview
Text
408141073 Bab V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 408141073 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
408141073 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 10 Semester II MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 272 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas 10.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas 10.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan untuk mengamati aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Hasil penelitian dengan melakukan pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda di kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 52,9 dengan standar deviasi 9,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,2 dengan standar deviasi 10,4. Setelah diadakan pengujian data prestest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data pretest diperoleh thitung= 0,29 dan ttabel= 1,9 sehingga thitung<ttabel ( 0,29 < 1,9 ), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diketahui bahwa kemampuan awal siswa sama maka selanjutnya diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan mind map dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Pada saat diberikan perlakuan dengan menggunakan peta pikiran dilakukan juga pengamatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 79,5 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,3 dengan standar deviasi 11,6 dan kelas kontrol 64,7 dengan standar deviasi 11,1. Setelah diadakan pengujian data postest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diadiakan pengolahan selanjutnya yaitu hasil uji t diperoleh thitung= 4,22 dan ttabel= 1,9 , sehingga thitung>ttabel (4,22 > 1,9) maka H diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan mind map dengan persentase peningkatan sebesar 14,8 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 574.071 Har p
Keywords: Belajar; Pembelajaran; Hasil Belajar; Mind Map; Model Pembelajaran; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 09:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item
View Item