Pratiwi, Ade (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN KONVENSIONAL PADASUB MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 408341001 Judul.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2 408341001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3 408341001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4 408341001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5 408341001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6 408341001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7 408341001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9 408341001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10 408341001 Bab I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
11 408341001 Bab V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
12 408341001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) dan konvensional pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang tebagi atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 320 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak kelompok yakni kelas X1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 orang dan kelas X2 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pretes dan data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diketahui nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 76,19 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 66,44. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thit > ttab (5,87 > 2,00) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pra k |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Tipe Pembelajaran; Hasil Belajar; Tipe TPS (Think-Pair-Share; Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10299 |