RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METACOGNITION DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR BERNEGARA

Fauzi, Kms Muhammad Amin RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METACOGNITION DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR BERNEGARA. -.

[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview

Abstract

Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Wacana Pendidikan Karakter saat ini bergaung dimana-mana, beberapa seminar mengenai karakter atau pendidikan yang berkarakter digelar baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini menunjukkan bahwa betapa besar perhatian dunia pendidikan terhadap tema ini khususnya dihubungkan dengan keprihatinan tentang perkembangan dan fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat baik skala nasional maupun global. Munculnya gagasan program pendidikan karakter di Indonesia, bisa dimaklumi. Sebab, selama ini dirasakan, proses pendidikan dirasakan belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan, banyak yang menyebut, pendidikan telah gagal, karena banyak lulusan sekolah atau sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mental dan moralnya lemah. Biasanya pendidikan karakter yang dimaksud lebih menekankan pada pendidikan formal persekolahan yang melekat pada proses pembentukan karakter kepribadian siswa.

Item Type: Article
Keywords: Relevansi; Pendidikan Karakter; Empat Pilar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:58
Last Modified: 31 Mar 2016 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item
View Item