Harizal (2012) ANALISA KESALAHPAHAMAN SISWA PADA ASAM-DASAR KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131049 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
408131049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
408131049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
408131049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
408131049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
408131049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
408131049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
408131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
408131049 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
408131049 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
408131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
408131049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Siswa kesalahpahaman pada asam-basa kimia di SMA di Medan yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 179 siswa kelas 11 dari enam sekolah yang berbeda di Medan dipilih berdasarkan akreditasi mereka yang diwakili oleh MAN 2 Model Medan (36 siswa), SMAS Panca Budi Medan (31 siswa), SMAN 8 Medan (39 siswa), SMAN 11 Medan (37 siswa), SMAS Mamiyai Al-Ittihadiyah (16 siswa), dan SMAS Afifiyah Medan (20 siswa). Siswa kesalahpahaman tentang topik kimia asam basa diidentifikasi dengan memberikan tes yang valid yang dikembangkan oleh peneliti kepada siswa dalam bentuk Asam-Base Uji Kesalahpahaman Kimia mengandung 12 terbuka choises beberapa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah siswa respon dalam bentuk pilihan mahasiswa dari pilihan yang tersedia dan alasan siswa sebagai penjelasan untuk opsi yang dipilih. Data pilihan siswa dan alasan yang diperoleh diolah dan dikonversi menjadi prestasi siswa dan pemahaman masing-masing. Data pemahaman siswa yang diperoleh dari respon siswa dikategorikan berdasarkan tingkat pemahaman. Hal itu terungkap bahwa siswa memiliki lima belas kesalahpahaman dari lima konsep utama diselidiki dalam asam-basa topik kimia termasuk konsep asam dan basa (22,07%), pH dan konsep pOH (43.58%), derajat ionisasi dan konsep konstanta kesetimbangan (8,94%), asam -basa indikator konsep (6,15%), dan asam-basa konsep titrasi (9,50%). Penelitian ini juga mengungkapkan empat masalah utama siswa dalam memahami asam-basa kimia yaitu fragmentasi pemahaman siswa, masalah dengan simbol dan rumus matematika, kesulitan dalam memahami konteks dalam asam-basa kimia, dan masalah dalam generalisasi. Hasil analisis miskonsepsi siswa dapat digunakan sebagai referensi bagi guru kimia untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa di kelas. Mengingat pentingnya data miskonsepsi siswa, dianjurkan untuk menyelidiki kesalahpahaman siswa pada asam-basa kimia dan topik lainnya dalam kimia menggunakan berbagai metode.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Har p |
Keywords: | Framework;Significnces;Statement |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10267 |