PENGARUH PENDEKATAN RECIPPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BEHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI I SIBOLGA TP S011/2012

Pasaribu, Jonatan (2012) PENGARUH PENDEKATAN RECIPPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BEHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI I SIBOLGA TP S011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071244120056 cover.pdf]
Preview
Text
071244120056 cover.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
071244120056 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071244120056 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Abstrak.pdf]
Preview
Text
071244120056 Abstrak.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071244120056 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
071244120056 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
071244120056 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Bab I.pdf]
Preview
Text
071244120056 Bab I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Bab V.pdf]
Preview
Text
071244120056 Bab V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 071244120056 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071244120056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan trigonometri dikelas X SMA Negeri I Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri I Sibolga semester genap tahun ajaran 20I1/2012 yang terdiri dari 8 kelas paralel dengan jumlah siswa sebanyak 350 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-2 sebanyak 40 orang
sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebanyak 40 orang sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan sistem undi. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk uraian pada materi pokok trigonometri sebanyak 10 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan teknik liliefors dan homogenitas tes dengan menggunakan uji F. Dari pengujian
yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis inferensial regresi anakova. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi untuk kelas kontrol yaitu Y" = 46,32 + I ,0277 X dan kelas eksperimen yaitu y- =
49,10 + 1,40 X. Berdasarkan uji keberartian model regresi diperoleh kesimpulan bahwa model regresi kelas kontrol dan kelas eksperimen berarti. Karena syarat homogenitas dipenuhi, maka analisis kovarians dapat dilakukan. Berdasarkan
perhitungan uji analisis kovarians diperoleh Fhitung (4,64) > Ftabel (3,966) pada taraf a. = 0,05. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan pembelajaran menggunakan metode
konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Besamya pengaruh pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan indeks determinasi (~) masing - masing sebesar 0,5484 atau 54,84 % dan 0,1881 atau 18,81 %. Sehingga besamya perbedaan pengaruh dua model
tersebut adalah 36,03%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 Pas p
Keywords: Populasi;Sampel;Penelitian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item
View Item