Fauzi, Kms Muhammad Amin PEMBENTUKAN LANJUT KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEBIASAAN BERPIKIR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF(MEMBANTU SISWA DALAM MEMBIASAKAN BERPIKIR TENTANG PIKIRANNYA). Jurnal Ilmu Kependidikan Kopertis Wilayah I NAD-Sumatera Utara. pp. 12-20. ISSN 1907-4077
Cover.pdf
Download (2MB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Keterampilan berpikir merupakan hal yang penting dalam pendidikan matematika, perlu dilatihkan dan difasilitasi pada diri siswa dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Siswa perlu dibekali keterampilan seperti itu bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Pembentukan lanjut dari kemandirian belajar yang sudah ada pada diri siswa, kebiasaan berpikir matematik siswa dengan membiasakan kemampuan mengkoneksikan matematika siswa, merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk mendukung kesuksesan individu dalam berbagai bidang kehidupan dan dalam kondisi apapun. Diperlukan upaya yang komprehensif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan pembentukan lanjut dan kemampuan tersebut adalah pendekatan metakognitif. Kebiasaan-kebiasaan matematis yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan mempunyai target khusus yang ingin dicapai pada diri siswa yaitu siswa berpikir positif terhadap matematika dan tumbuhnya berbagai kemampuan, khususnya kemampuan koneksi matematis yang esensial bagi siswa dalam memecahkan masalah matematik dan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembentukan; Kemandirian Belajar; Kebiasaan Berpikir; Koneksi Matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:36 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1024 |