Siregar, Enni Ramadhani (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS X SMA PAB 4 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141058 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408141058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
408141058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408141058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408141058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
408141058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408141058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408141058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141058 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
408141058 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408141058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141058 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review), terhadap hasil belajar biologi siswa pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas X SMA PAB 4 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 4 Sampali Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 67 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan tes objektif sebagai alat pengumpulan data sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan pemberian skor satu untuk jawaban yang benar dan skor nol untuk jawaban yang salah. Berdasarkan hasil analisis data, secara deskriptif dapat digambarkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dengan persentase 87,5%, penguasaan materi siswa secara klasikal telah terpenuhi dengan persentase 76,43% dengan kategori sedang dan tingkat ketercapaian indikator telah tercapai dengan persentase sebesar 77,162%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review), pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas X SMA PAB 4 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sir e |
Keywords: | Metode SQ3R; Ekosistem; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10226 |