Husna, Sari Aminah (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMAN 1 BATANG KUISTAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341050 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408341050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
408341050 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
408341050 Abstrak.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
408341050 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
408341050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
408341050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
408341050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
408341050 BAB I.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408341050 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408341050 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408341050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Make A match dan Picture And Picture pada materipokok system ekskresi manusia di kelas XI SMA Negeri 1 batang Kuis tahun Pembelajaran 2011/ 2012. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda.Masing-masingberjumlah 40 siswasehingga total sampel 80 siswa. Pada kelas XI IPA 1 dilakukan dengan pembelajaran tipe Make A Match dan kelas XI IPA 2 diajarkan dengan pembelajaran tipe Picture And Picture. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistict. hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Make A Match diperoleh 40,2 dan nilai rata-rata pre tes kelas Picture And Picture diperoleh 36,3. Sehingga nilai pre tes kedua kelas tersebut relative berbeda bahkan bias dikatakan tidak sama. Sedangkan hasil post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia diperoleh nilai rata-rata 77,7 dengan standar deviasi 9,58 dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model poembelajaran kooperatif Picture And Picture diperoleh nilai rata-rata 63,7 dengan standar deviasi 8,32. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif Picture And Picture. Uji hipotesis menunjukkan thitung padadk = 78 dengan taraf α = 0,05diperoleh 6,97 sedangkan ttabelpadadk = 78 dengan taraf α = 0,05 diperoleh of 1,667. Oleh karena ituthitung>ttabel, maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Picture And Picture pada materi pokok system ekskresi manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Hus p |
Keywords: | Populasi;Sampel;Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10218 |