Sari, Siti (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341054 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
408341054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
408341054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408341054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408341054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
408341054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408341054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
408341054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408341054 BAB I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
408341054 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408341054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa menggunakan media animasi dengan media gambar pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Sampel penelitian merupakan sampel total yaitu Kelas Media Animasi (XI IPA 1) dan Kelas Media Gambar (XI IPA 2) yang dipilih secara acak. Masing-masing kelas berjumlah 36 orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan 5 pilihan (a, b, c, d, dan e), sebelum ítem tes digunakan sebagai instrumen, terlebih dahulu peneliti mengujikan soal tersebut ke siswa yang berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian diperoleh 26 soal yang valid dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Setelah instrumen diujikan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen).Berdasarkan hasil análisis data penelitian, terlihat adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas Media Animasi dengan kelas Media Gambar, di mana rata-rata post-tes hasil belajar siswa kelas Media Animasi adalah sebesar 86,11, sedangkan rata-rata post-tes hasil belajar siswa kelas Media Gambar sebesar 80,11. Adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas Media Animasi dengan kelas Media Gambar terbukti melalui pengujian hipótesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, di mana thitung > ttabel (4,13 > 1,659), yang berarti dalam penelitian ini Hnol ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang diajar menggunakan media animasi dengan media gambar pada materi pokok sistem ekskresi dengan peningkatan hasil belajar kelas Media Animasi 56,78 dan kelas Media Gambar 50 . Perbandingan peningkatan hasil belajarnya adalah 56,78 : 50 atau sama dengan 1,13 : 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sar p |
Keywords: | Variabel; Animasi; Gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10205 |