Akhmad, Imran (2010) MEMPERTIMBANGKAN MOTOR EDUCABILITY DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MOTORIK. Majalah Keolahragaan Sportif, 04 (01). pp. 1-9. ISSN 1978-4449
Cover,fullText.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Belajar gerak merupakan bagaian dari ranah psikomotorik dimana tujuannya adalah melakukan gerakan yang baik dan benar pada suatu jenis gerakan tententu. Pencapaian kualitas gerakan ditentukan pada proses pembelajaran motorik tersebut. Proses belajar gerak ada tiga tahap; 1) kognitif merupakan fase awal dalam belajar gerak keterampilan yang bersifat mencoba, 2) asosiatif merupakan fase mencegah yang ditandai dengan tingkat penguasaan gerakan, 3) otonom merupakan fase akhir pelajar mampu melakukan gerakan keterampilan secara otomatis. Motor educability sama artinya adalah kemampuan motorik yang merupakan ranah psikomotorik yang intinya adalah gerakan. Orang yang dengan cepat menguasai suatu keterampilan gerak dengan kualitas yang baik berarti memiliki tingkat motor educability yang baik pula. Dengan demikian dinyatakan bahwa motor educability memiliki peran pisitif yang berarti dengan intelegensi dan sekaligus sebagai tolak ukur dari intelegensi seseorang.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Motor Educability; Belajar Gerak |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:13 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1019 |