Saragih, Maria Lisa (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN KARTU (INDEX CARD MATCH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PAD MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA DI KELAS XI-C SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05311628 cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
05311628 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
05311628 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
05311628 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05311628 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05311628 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
05311628 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
05311628 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
05311628 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
05311628 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
05311628 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
05311628 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Mencari pasangan kartu (Index Card Match) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI-C SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-C SMA Swasta Raksana Medan dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus, dimana pada saat pretest persentase perolehan nilai siswa adalah sebesar 36,25 yang tergolong sangat rendah, meningkat pada postest-1 (siklus I) menjadi sebesar 62,73 yang tergolong rendah dan kembali meningkat saat postest-2 (siklus II) menjadi sebesar 84,43 yang tergolong tinggi. Dari hasil ketuntasan belajar siswa diketahui bahwa pada siklus I masih terdapat 21 siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar sedangkan pada siklus II seluruh siswa dinyatakan telah tuntas dalam belajar. Untuk data persentase ketercapaian Indikator diketahui bahwa pada siklus I tujuan pembelajaran yang ditetapkan pada kedua indikator belum tercapai, sedangkan pada siklus II indikator yang ditetapkan telah tercapai. Untuk data aktivitas belajar siswa diketahui bahwa tingkat aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong cukup sedangkan tingkat aktivitas belajar siswa pada siklus II tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sar p |
Keywords: | Penelitian; Instrumen; Validasi Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10176 |