Sinaga, Sepwan Partogi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141105 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
408141105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
408141105 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
408141105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
408141105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408141105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141105 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141105 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
408141105 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
408141105 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408141105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 1 Pangururan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri1 Pangururan yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampelnya ada 2 kelas. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 39 siswa dan satu kelas sebagi kelas kontrol terdiri dari 40 siswa. Instrument atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa pada penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi pokok system ekskresi yang terdiri dari 30 soal dalam bentuk soal objektif dengan 5 option Hasil pemberian postes yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh datanilai rata rata untuk hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT adalah 9.35, dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 8,0 dengan simpangan baku 0.504, sedangkan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran konvensional adalah 7,71. Nilai tertinggi 9,0 dan nilai terendah 6,0 dengan simpangan baku 0,738 untuk pengujian hipotesis yang diajukan digunakan uji t. Dari hasil pengujian data postes diperoleh 18.12 = t hitung> t tabel = 1.167 yang berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar biologi kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran TGT; Hasil Belajar Siswa; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10166 |